- Back to Home »
- Learning »
- Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Tugas Akhir
Posted by : utamibiran
Jumat, 01 Mei 2015
1. PENGERTIAN
Skripsi
Skripsi adalah
karrya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program
Sarjana (S1). Skripsi merupakan bukti kemampuan akademik mahasiswa dalam
penelitian yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.
Tesis merupakan
karya ilmiah yang mengungkapkan pengetahuan baru dengan melakukan pengujian
tehadap suatu hipotesa. jadi misal ada suatu hipotesa atau atau sesuatu yang
masih praduga atau butuh diuji kebenarannya maka dilakukanlah pengujian
terhadap praduga tersebut. tesis sifatnya lebih mendalam daripada skripsi.
tesis ditulis untuk meraih gelar magister (S2).
Diseratsi
Pencapaian gelar
akademik tertinggi adalah predikat Doktor. Gelar Doktor (Ph.D) dimungkinkan
manakala mahasiswa (S3) telah mempertahankan disertasi dihadapan Dewan
Penguji Disertasi yang terdiri dari profesor atau Doktor dibidang
masing-masing. Disertasi ditulis berdasarkan penemuan (keilmuan) orisinil
dimana penulis mengemukan dalil yang dibuktikan berdasarkan data dan fakta
valid dengan analisis terinci.
Disertasi atau
Ph.D Thesis ditulis berdasarkan metodolologi penelitian yang mengandung
filosofi keilmuan yang tinggi. Mahahisiswa (S3) harus mampu (tanpa bimbingan)
menentukan masalah, berkemampuan berpikikir abstrak serta menyelesaikan masalah
praktis. Disertasi memuat penemuan-penemuan baru, pandangan baru yang
filosofis, tehnik atau metode baru tentang sesuatu sebagai cerminan
pengembangan ilmu yang dikaji dalam taraf yang tinggi.
Tugas Akhir (TA)
Tugas Akhir
(TA) adalah hasil tertulis dari pelaksanaan suatu penelitian, yang dibuat
untuk pemecahan masalah tertentu dengan menggunkan kaidah-kaidah yang berlaku
dalam bidang ilmu tersebut.
2. Perbedaan Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Tuags
Akhir
No
|
Aspek
|
Skripsi
|
Tesis
|
Disertasi
|
1
|
Jenjang
|
S1
|
S2
|
S3 (tertinggi)
|
2
|
Permasalahan
|
Dapat diangkat
dari pengalaman empirik, tidak mendalam
|
Diangkat dari
pengalaman empirik, dan teoritik, bersifat mendalam
|
Diangkat dari
kajian teoritik yang didukung fakta empirik, bersifat sangat mendalam
|
3
|
Kemandirian
penulis
|
60% peran
penulis, 40% pembimbing
|
80% peran
penulis, 20% pembimbing
|
90% peran
penulis, 10% pembimbing
|
4
|
Bobot Ilmiah
|
Rendah –
sedang
|
Sedang –
tinggi. Pendalaman / pengembangan terhadap teori dan penelitian yang
ada
|
Tinggi,
Tertinggi dibidang akademik. Diwajibkan mencari terobosan dan
teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
|
5
|
Pemaparan
|
Dominan
deskriptif
|
Deskriptif dan
Analitis
|
Dominan
analitis
|
6
|
Model Analisis
|
Rendah –
sedang
|
Sedang –
tinggi
|
Tinggi
|
7
|
Jumlah rumusan
masalah
|
Sekitar 1-2
|
Minimal 3
|
Lebih dari 3
|
8
|
Metode / Uji
statistik
|
Biasanya
memakai uji Kualitatif / Uji deskriptif, Uji statistik parametrik (uji 1
pihak, 2 pihak), atau Statistik non parametrik (test binomial, Chi kuadrat,
run test), uji hipotesis komparatif, uji hipotesis asosiatif, Korelasi,
Regresi, Uji beda, Uji Chi Square, dll
|
Biasanya
memakai uji Kualitatif lanjut / regresi ganda, atau
korelasi ganda, mulitivariate, multivariate lanjutan (regresi dummy, data
panel, persamaan simultan, regresi logistic, Log linier analisis,
ekonometrika static & dinamik, time series ekonometrik) Path analysis,
SEM
|
Sama dengan
tesis dengan metode lebih kompleks, berbobot yang bertujuan mencari terobosan
dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
|
9
|
Jenjang
Pembimbing / Penguji
|
Minimal
Magister
|
Minimal Doktor
dan Magister yang berpengalaman
|
Minimal
Profesor dan Doktor yang berpengalaman
|
10
|
Orisinalitas
penelitian
|
Bisa replika
penelitian orang lain, tempat kasus berbeda
|
Mengutamakan
orisinalitas
|
Harus orisinil
|
11
|
Penemuan
hal-hal yang baru
|
Tidak harus
|
Diutamakan
|
Diharuskan
|
12
|
Publikasi
hasil penelitian
|
Kampus
Internal dan disarankan nasional
|
Minimal
Nasional
|
Nasional dan
Internasional
|
13
|
Jumlah rujukan
/ daftar pustaka
|
Minimal 20
|
Minimal 40
|
Minimal 60
|
14
|
Metode /
Program statistik yang biasa digunakan
|
Kualitatif /
Manual, Excel, SPSS dll
|
Kualitatif
lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll
|
Kualitatif
lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll
|
Perbedaan dari
ketiga jenis karya ilmiah itu secara umum adalah perbedaan dalam
mendapatkan gelar. pada skripsi gelar yang akan di dapat adalah sarjana (S1),
pada tesis gelar yang dapat diperoleh adalah magister (S2), dan pada disertasi
gelar yang didapat adalah doktor (S3).
Selain perbedaan
gelar yang didapat ketiga karya ilmiah tersebut memilik perbedaan
lainnya.disertasi bobot akademisnya lebih besar daripada tesis, dan tesis bobot
akademisnya lebih besar dari skripsi. selain itu permasalahan yang dibahas
dalam ketiga karya ilmiah itu berbeda. pada disertasi permasalahan yang dibahas
lebih luas dan mendalam daripada kedua karya ilmiah lainnya karena hasil dari
disertasi merupakan teori baru atau sesuatu yang baru dan asli diciptakan. pada
tesis permasalahan yang dibahas lebih mendalam daripada skripsi.
TA dan Skripsi
mempunyai kedudukan yang sama dengan mata kuliah yang lain, tetapi berbeda
bentuk, proses belajar mengajar dan cara penilaiannya. Bobot TA dan Skripsi
ditentuka 4 SKS yang setara dengan kegiatan akademik setiap minggu 16-20 jam
selama satu semester atau setara dengan kegiatan 400-500 jam.
TA dan Skripsi
merupakan tugas akhir (final assigment) dengan mempertimbangkan keterbatasan
kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian. Penelitian yang mendasari
penulisan TA dan Skripsi ini dapat berupa penelitian dasar (basic research)
atau penelitian terapan (applied research) yang didasari oleh minat intlektual
mahasiswa.
3. Contoh Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Tugas Akhir
Contoh Skripsi
Hubungan
Akselerasi, Kelincahan Dan Daya Tahan Dengan Keterampilan Bermain Bulutangkis
Siswa Putra SMA Negeri I Baturetno
ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan akselerasi, kelincahan dan daya tahan
dengan keterampilan bermain bulutangkis siswa putra SMA Negeri I Baturetno.
Penelitian ini merupakan
penelitian korelasi, menggunakan metode survei dengan teknik tes dan
pengukuran Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra SMA Negeri I
Baturetno berjumlah 20 Orang. Sedangkan instrument yang digunakan untuk
akselerasi adalah tes 20 meter ssatuannya detik, tes kelincahan diukur dengan
shuttle run selama 60 detik satuannya frekuensi, daya tahan diukur dengan tes
lari 2400 meter satuannya menit.
Keterampilan
bermain bulutangkis diukur dengan sistem setengah kompetisi satuannya angka.
Data dianalisis dengan rumus korelasi product moment. Sebelumnya data
dianalisis perlu diadakan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji
normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Uji normalitas data menggunakan
chi kuadrat (X2), menggunakan program SPS adisi Sutrissno Hadi. Untuk menguji
linieritas data, digunakan teknik analisis variansi terhadap gari regresi dan
uji hipotesis menggunakan analisis regresi. Setelah uji normalitas menghasilkan
normal dan uji linieritas menghasilkan data yang linier.
Maka hasil penelitian yang diperoleh adalah hubungan antara
akselerasi dengan keterampilan bulutangkis dengan r = -0.515 dan p = 0.019
berarti signifikan. Ada hubungan antara kelincahan dengan keterampilan bermain
bulutangkis dengan r = 0.883 dan p = 0.000 berarti signifikan. Ada hubungan
antara daya tahan dengan keterampilan bermain bulutangkis dengan r =
-0.628 dan p = 0.003 berarti signifikan. SSelenjutnya hasil analisis regresi
ganda dengan tiga prediktor menunjukkan korelasi yang signifikan dengan R =
0.897 antara akelerasi, kelincahan dan daya tahan dengan keterampilan bermain
bulutangkis. Besarnya koefisien determinan R2(kuadrat) = 0.805 sumbangan
efektif (SE) yang diberikan ketiga variabel ssecara kesesluruhan sebessar
80.470%.
Contoh Tesis
Korelasi Antara
Sikap Siswa Kepada Guru Dengan Aktivitas Belajar Siswa Di Smpn 1 Plosoklaten
Tahun Ajaran 2012 / 2013
ABSTRAK
Agus Puguh
Santosa. 2013. Tesis. Korelasi antara sikap siswa kepada guru dengan aktivitas
belajar siswa di SMP Negeri 1 Plosoklaten. Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyan STAIN Kediri.
Dosen pembimbing : Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag dan Dr. Moh.
Asror yusuf, M.Ag
Kata kunci : Sikap
Siswa dan Aktivitas Belajar
Sikap siswa
kepada guru adalah kecenderungan siswa untuk merespons baik secara positif
maupun negatif terhadap guru yang mencakup tiga komponen penting yaitu
kognitif, afektif, dan konasi. Aktivitas belajar adalah seluruh kegiatan siswa
dalam proses belajar yang menghasilkan perubahan tingkah laku dan pengalaman.
Sikap siswa kepada guru dan aktivitas belajar merupakan faktor yang berpengaruh
terhadap kualitas belajar siswa SMP Negeri 1 Plosokalten. Untuk mengetahui
hubungan antara sikap siswa kepada guru dengan aktivitas belajar siswa SMP
Negeri 1 Plosoklaten, dilakukan melalui jalan researct pada siswa SMP Negeri 1
Plosoklaten
Penulisan ini
bertujuan untuk:
(1) Mengetahui
sikap SMP Negeri 1 Plosoklaten kepada gurunya,
(2) Mengetahui
aktivitas belajar siswa SMP Negeri 1 Plosoklaten, dan
(3) Mengetahui
hubungan antara sikap siswa kepada guru dengan aktivitas belajar siswa SMP
Negeri 1 Plosoklaten. Variabel-variabel penelitian yang diperhatikan adalah:
(1)
variabel bebas yaitu sikap siswa kepada guru,
(2) variabel
terikat yaitu aktivitas belajar.
Hasil dari
analisa data tersebut dan setelah dikorelasikan ternyata dapat
diketahui bahwa diperoleh r xy sebesar 0,345 pada taraf signifikan 5%
dengan sampel sebanyak 278 responden. Hasil tersebut menunjukkan adanya
hubungan korelasi yang rendah dan signifikan ( hitung
t = 6,51> table t = 1,645)
dengankoefisien determinan = r2 x 100 % atau 0,119025 x 100 % = 11,9 %
sedangkan sisanya 88,1% ditentukan oleh faktor lain
Rendahnya tingkat
korelasi dikarenakan rendahnya nilai sikap siswa kepada guru. Dan rendahnya
nilai sikap siswa kepada guru dimungkinkan karena adanya selektivitas dan minat
siswa dalam memilih guru serta kurang baiknya interaksi antara siswa dengan
guru.
Berdasar hasil
penelitian ini, penulis menyarankan beberapa hal:
(1)Pimpinan
sekolah senantasa membina para guru untuk senantiasa berperilaku yang patut dan
pantas dijadikan tauladan bagi anak didik
(2) Pimpinan
sekolah hendaknya berupaya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan
kondusif
(3) Guru
hendaknya senantiasa berusaha untuk menciptakan interaksi yang baik dengan
siswa agar siswa memiliki sikap positif terhadapnya sehingga siswa dapat
mengikuti proses belajarnya dengan nyaman dan menyenangkan
(4) Orang tua
disarankan untuk bersikap bijak dan tegas dalam mendidik anak-anaknya mengingat
sebagian besar proses belajar anak adalah di rumah (5) Bagi peneliti
selanjutnya, diharapkan mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih
luas demi perkembangan ilmu pengetahuan dalam dunia penelitian.
Contoh Disertasi
Pengaruh
Pendekatan Pembelajaran Dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemapuan Berbicara Bahasa
Inggris Siswa SMA Negeri 14 Dan 21 Medan (2012)
The Effect of
Instructional Approach and Verbal
Reasoning on
Students’ English Speaking Competence
SMA Negeri 14
and 21 Medan (2012)
NAEKLAN SIMBOLON
ABSTRACT
The
objective of this research was to know the effect of instructional approach and
verbal reasoning on students’ English speaking competence SMA Negeri 14 and 21
Medan. The research was conducted at SMA Negeri 14 and 21 Medan, in the first
semester 2010/2011 academic year. The experimental research is done by using 2
x 2. Trarment by level design, with 160 students as sample thet were taken by
random sampling. The instrument used were verbal reasoning test and English
speaking competence observation. The result of the research shows that: (1)
there is the difference of students’ speaking competence between students
taught by Contextual Teaching and Learning and expository instruction, (2)
there is the interaction between instruction approach and verbal reasoning and
speaking English competence of SMA Negeri 14 and 21 Medan, (3) there
is the difference of the students’ English speaking competence between students
who have high verbal reasoning and low verbal reasoning, (4) there is the
difference of the students’ English Speaking Competence who have low verbal
reasoning taught by using Contextual Teaching and Learning compare with the
students who taught by using expository instruction.
Contoh Tugas
Akhir
FORM PERNYATAAN
PLAGIARISME
Saya yang
bertandatangan dibawah ini:
Nama :
{Nama Mahasiswa}
NIM :
………………………….
Program studi :
………………………….
Jurusan : Teknik Elektro
menyatakan dengan
sesungguhnya bahwa Laporan Tugas Akhir berjudul PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
AKADEMIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN VB.NET adalah betul-betul karya sendiri dan
bukan menjiplak atau hasil karya orang lain. Hal-hal yang bukan karya saya,
dalam Tugas Akhir tersebut diberi tanda citasi dan ditunjukkan dalam daftar
pustaka.
Apabila di
kemudian hari terbukti pernyataan saya tidak benar, maka saya bersedia menerima
sanksi akademik berupa pencabutan Tugas Akhir dan gelar yang saya peroleh dari
Tugas Akhir tersebut.
Bukit Jimbaran,
1 Agustus 2013
Yang membuat
pernyataan
Tanda tangan
Nama Mahasiswa
NIM.
Politeknik
Negeri Bali iv
KATA PENGANTAR
Puji Syukur
penulis panjatkan kehadapan Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat dan
rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan Tugas Akhir ini yang berjudul
“Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Vb.Net “ tepat
pada waktunya.
Penyusunan
Proyek akhir ini diajukan untuk memenuhi salah satu persyaratan kelulusan
Program Pendidikan Diploma III pada Program Studi Manajemen Informati Jurusan
Teknik Elektro Politeknik Negeri Bali.
Dalam penyusunan
Tugas Akhir ini penulis banyak meperoleh bimbingan dan masukan dari berbagai
pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu dalam
kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1. Bapak A
selaku…
2. Bapak B
selaku…
3. Ibu C
selaku….
Penulis
menyadari bahwa LAporan Tugas Akhir ini masih jauh dari sempurna, oleh karena
itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan.
Akhir kata
semoga Laporan Tugas Akhir ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa Politeknik
Negeri Bali khususnya, dan pembaca pada umumnya.
Jimbaran, Juli
2013
Penulis
{Judul: Font
Time New Roman 14pt,Bold, Kapital}
{Contoh Kata
Pengantar}
Politeknik
Negeri Bali v
ABSTRAK
Dalam Laporan
Tugas Akhir memuat suatu rancangan sistem informasi akademik berbasis web yang
dapat memudahkan kerja operator maupun dapat diakses oleh mahasiswa dimana
saja. Sistem dibangun menggunakan Software VB.Net yang memiliki keunggulan…..
dst…
Kata Kunci : Sistem Informasi Akademik, VB.Net,
internet
Design of
Academic Information System Web Base Using Vb.Net
This report
shows a design of an Academic Information System Web Bases that the operator be
able to operate it easily or students can access the system from many places……
Keywords:
Academic Information System, VB.Net, internet
Narasumber :
Sumber1 , Sumber2 , Sumber3 , Sumber4 , Sumber5 , Sumber6 , Sumber7 , Sumber8 , Sumber9 , Sumber10